Minggu, 05 Oktober 2014

Sentul City, Kawasan Asri di Lingkungan Perkotaan



Kali ini saya tertarik untuk membahas tentang pengembangan kota yang terdapat di wilayah Indonesia, lebih tepatnya lagi di daerah Selatan Jakarta, Bogor. Ternyata, kita masih memiliki beberapa kota dengan penataan yang indah dan teratur, tidak kalah seperti kota-kota yang ada di luar negeri, salah satunya adalah Sentul City, yang sudah berdiri sejak tahun 1993. Dikembangkan oleh PT. Sentul City Tbk., pada awalnya kawasan ini diberi nama Bukit Sentul.
Sentul City merupakan kota bernuansa pegunungan di selatan Jakarta, dengan barisan pegunungan yang indah, membuat Sentul City menjadi salah satu kawasan eksklusif dengan view alam pegunungan yang alami. Kawasan Sentul City pun menjadi tempat perumahan favorit bagi masyarakat perkotaan yang ingin memiliki hunian yang jauh dari hingar bingar dan polusi perkotaan.

Kawasan Perumahan di Sentul City yang Sangat Dekat dengan Daerah Pegunungan | Foto : m.google.co.id

Selain faktor alam yang diusung oleh Sentul City, tidak seperti kota-kota besar yang ada di Indonesia lainnya seperti Jakarta, Bandung dan Semarang, Sentul City juga terbebas dari permasalahan banjir ataupun macet. Faktor lokasi Sentul City yang berada di ketinggian 300 M di atas permukaan laut lah yang membuat kawasan ini terbebas dari ancaman banjir yang selalu menghantui kota Jakarta bahkan Bogor sekalipun. Selain itu, faktor tersebut juga membuat kawasan tersebut udaranya masih sangat sejuk dan asri, terbebas dari polusi dan mempunyai kadar oksigen yang cukup tinggi.

Kawasan Sentul City Bebas dari Kemacetan | Foto : m.google.co.id

Kawasan yang mulai dikembangkan sejak tahun 1994 diatas lahan seluas 3.100 hektar ini kerap mendapatkan penghargaan bergengsi atas penataan kota yang terbaik. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2013 kemarin, lagi-lagi Sentul City mendapatkan penghargaan The Best Property Project dalam sektor Township dalam ajang Property Award.

Kawasan Sentul City yang Masih Sangat Asri | Foto : m.google.co.id

Seperti yang telah saya singgung di postingan saya yang sebelumnya, ternyata pada awalnya, waktu dulu Bapak Presiden kita yang kedua yaitu Almarhum Bapak Soeharto, berniat memindahkan pusat pemerintahan Indonesia yang berada di Jakarta ke kawasan Sentul City. Namun sayangnya, hingga saat ini, itu semua tidak pernah terwujud. Padahal, melihat dari keadaan Jakarta yang sudah sangat kacau balau, tindakan seperti itu sangat diperlukan. Banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh kawasan Sentul City tersebut. Akses menuju kawasan yang sangat mudah karena kawasan Sentul City memiliki jalur tol tersendiri yaitu melalui pintu tol Sentul Selatan-Sentul City. Untuk masalah kemacetan, jangan ditanya, karena sudah dipastikan tidak pernah terjadi kemacetan di kawasan tersebut.

Itulah kawasan yang sebenarnya kita butuhkan untuk menjadi ibukota negara kita ini. Sebuah kawasan yang nyaman, bebas dari polusi dan yang lebih terutamanya lagi, bebas dari kemacetan dan banjir. Sebenarnya, bila kita sadari ternyata permasalahan kemacetan dan banjir pun juga terjadi di daerah kota-kota besar lainnya di Indonesia, seperti Padang, Bandung, hingga Semarang sekalipun. Di Indonesia ini kita sudah tidak butuh lagi kota-kota yang hanya diisi dengan kemacetan dan banjir.  Disini saya sebagai calon planner memiliki cita-cita untuk membuat sebuah kota berkelas seperti kota Sentul City ini, atau bila Allah mengizinkan, menata kembali kota Jakarta kita tercinta ini menjadi kota berkelas seperti Sentul City. 
Doakan saya!

Sumber

Noviyanto. 2012. "Sentul City Kembangkan Hunian Ramah Lingkungan". Dalam lensaindonesia.com
http://www.lensaindonesia.com/2012/03/21/sentul-city-kembangkan-hunian-ramah-lingkungan.html/ diunduh hari Minggu, 5 Oktober 2014

Widarti, Peni. 2013. "PROPERTY AWARD : Ini 14 Pengembang Peraih Penghargaan". Dalam bisnis.com
http://m.bisnis.com/properti/read/20130530/107/141988/property-award-ini-14-pengembang-peraih-penghargaan/ diunduh hari Minggu, 5 Oktober 2014

http://id.wikipedia.org/wiki/Sentul_City/ diunduh hari Minggu, 5 Oktober 2014

http://www.sentulcity.co.id/press-det.php?id=12/ diunduh hari Minggu, 5 Oktober 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar